Gehu Jeletot

Asal Usul Gehu Jeletot Yang Memiliki Tingkat Kepedasan Tinggi

jaundiceinnewborns.net – Gehu Jeletot, yang merupakan akronim dari “Toge Tahu Pedas”, adalah makanan tradisional yang berasal dari daerah Jawa Barat, khususnya Bandung. Makanan ini merupakan variasi dari makanan yang lebih dikenal sebagai “gehu” atau “tahu isi”, yang disajikan dengan tingkat kepedasan yang lebih tinggi. Artikel ini akan menjelajahi asal usul Gehu Jeletot, proses pembuatannya, dan posisinya dalam budaya kuliner Sunda.

Sejarah Gehu Jeletot

Pengaruh Budaya Sunda

Gehu Jeletot mencerminkan preferensi masyarakat Sunda terhadap makanan pedas. Tahu, sebagai bahan utama, telah lama menjadi elemen penting dalam kuliner Jawa Barat, sering kali dijadikan sebagai lauk atau camilan.

Kemunculan Gehu Jeletot

Gehu biasa sudah dikenal sejak lama oleh masyarakat Sunda. Variasi “Jeletot” muncul kemudian sebagai respon terhadap permintaan pasar yang menginginkan makanan dengan cita rasa yang lebih tajam dan pedas. Istilah “Jeletot” sendiri dalam bahasa Sunda dapat diartikan sebagai sensasi pedas yang menyengat.

Proses Pembuatan Gehu Jeletot

Pembuatan Gehu Jeletot melibatkan langkah-langkah berikut:

  1. Persiapan Tahu: Tahu putih jenis medium atau keras dipotong dan dihollowkan bagian tengahnya untuk diisi.
  2. Pembuatan Isian: Isian terbuat dari campuran toge (kecambah), wortel yang telah diparut atau dipotong kecil, dan bumbu pedas yang terdiri dari cabai rawit atau cabai lainnya sesuai selera.
  3. Pengisian Tahu: Campuran isian ini kemudian dimasukkan ke dalam rongga tahu yang telah disiapkan.
  4. Pelapisan: Tahu yang sudah diisi dilapisi dengan adonan tepung yang biasanya dicampur dengan air, garam, dan bumbu lain untuk menambah rasa.
  5. Penggorengan: Setelah dilapisi adonan tepung, tahu siap digoreng dalam minyak panas hingga berwarna keemasan dan renyah.
  6. Penyajian: Gehu Jeletot disajikan panas-panas, biasanya dengan sambal atau saus sebagai tambahan.

Relevansi Gehu Jeletot dalam Budaya

Variasi Kuliner Lokal

Gehu Jeletot merupakan inovasi dari makanan tradisional yang menyesuaikan dengan selera lokal akan kepedasan dan memperkaya daftar camilan pedas yang disukai banyak orang.

Identitas Kuliner Bandung

Makanan ini juga telah menjadi salah satu ikon kuliner kota Bandung, yang dikenal dengan berbagai jenis makanan pedas dan inovatif.

Gehu Jeletot di Masa Kini

Gehu Jeletot semakin populer dan menjadi salah satu camilan yang dicari oleh pengunjung atau wisatawan di Bandung. Beberapa penjual telah memodifikasi resep dengan menambahkan berbagai jenis keju, daging, atau bahan lainnya untuk menarik lebih banyak konsumen.

Tantangan dan Pelestarian

Menjaga Keaslian Rasa

Salah satu tantangan adalah bagaimana menjaga keaslian rasa Gehu Jeletot di tengah inovasi yang terus berkembang.

Promosi Kuliner

Promosi Gehu Jeletot sebagai kuliner khas Bandung penting untuk meningkatkan popularitasnya baik di dalam maupun luar daerah.